Kamis, Februari 21, 2008

Tonjolan di Vagina Bikin Susah Hamil

Saya menikah 2 tahun lalu dan belum dikarunia anak. Saya mempunyai masalah yaitu terdapat benjolan yang ada di dalam vagina saya. Benjolan tersebut nampak menonjol apabila saya duduk. Tonjolan tersebut sakit apabila disentuh, apalagi bila suami mengajak berhubungan saya takut karena sakitnya tersebut. Apakah tonjolan itu? Berbahayakah dan bagaimana cara mengatasinya? Apakah hal itu dapat mempengaruhi dalam sistem reproduksi saya?
Setiap benjolan yang beru timbul tidak bisa dianggap normal, apalagi jika benjolan tersebut memberikan rasa nyeri. Benjolan di dalam vagina dapat disebabkan oleh berbagai sebab mulai dari yang paling ringan sampai yang merupakan suatu bentuk keganasan. Berbagai hal yang mungkin menjadi penyebab benjolan tersebut adalah kista/abses kelenjar Bartholin (yang terletak di dalam labia, tumor di vagina atau mulut rahim, polip di rahim yang menonjol keluar, atau kondisi rahim yang turun atau tidak pada tempatnya (prolaps).
Kemungkinan hal ini juga yang menyebabkan Anda dan pasangan belum dikaruniai anak. Untuk mengetahui apakah benjolan ini mempengaruhi sistem reproduksi Anda harus diketahui terlebih dahulu apa penyebab benjolan tersebut.
Saran saya, periksakan diri Anda ke dokter kandungan yang Anda percaya, agar penyebabnya dapat Anda ketahui dan dapat diatasi sedini mungkin. Belum tentu hal itu sesuatu yang membahayakan, bisa juga sesuatu yang mudah untuk diatasi namun karena Anda tidak periksakan ke dokter, Anda tidak dapat mengatasi masalah tersebut. Mintalah pasangan untuk mendampingi, agar Anda tidak terlalu cemas saat memeriksakan diri ke dokter

Tidak ada komentar: